Jumat, 23 Desember 2011

Obsesi berkedok Cinta


Typhoon_in_Hong_Kong

Malam itu, bulan bersinar pucat seakan memandang penuh kepedihan pada dunia yang penuh dosa dan kekejaman. Seperti menangisi bumi yang dikotori darah orang-orang yang tak berdosa selama berabad-abad.

Perempuan itu berjalan tergesa-gesa, menembus gelapnya gang-gang yang sepi. Tidak ada orang, hanya kegelapan yang mencekam.

Tiba-tiba, saat berjalan di dekat rel kereta yang penuh semak-semak, dia seperti mendengar langkah kaki beberapa orang di belakangnya. Perempuan itu mempercepat langkahnya, berharap bisa segera berada di tempat yang aman.

Namun terlambat, dia sudah terkepung. Beberapa lelaki berjaket warna gelap sudah mengerubunginya. Suara logam dari pisau lipat yang mereka bawa terdengar menambah kengerian malam itu. Para lelaki itu tidak berkata apa-apa, namun dari yang tersirat dari gerak-gerik mereka sudah cukup untuk menyampaikan niat jahat yang tersembunyi.

Tiba-tiba ... diantara beberapa lelaki itu, dia melihat seraut wajah yang dia kenali. Seraut wajah yang sangat dia benci, dari seseorang yang sudah lama terobsesi untuk mendapatkannya.

"Kamu!!!" katanya terkejut, dengan kemarahan bercampur rasa takut. Perempuan itu tidak menyangka bahwa lelaki itu akan berbuat senekat ini.

"Iya, sayang, ini aku" kata lelaki tersebut dengan senyum menyeringai bak serigala. "Kan aku sudah bilang kita akan bertemu lagi" Lelaki tersebut mengejek penuh rasa puas.

Kerumunan binatang berwujud manusia itu makin mendekat, bau rokok dan alkohol tercium menyengat dari tubuh-tubuh mereka.

tidak lama kemudian, seiring dengan jerit putus asa yang melenking, ... yang tertelan gelap malam

Setelah itu ... malam sunyi pun kembali senyap .... seakan tidak pernah terjadi apa-apa

Keesokan harinya, koran-koran pun memberitakan kematian seorang perempuan di dekat rel kereta. Mungkin tanpa pernah bisa diketahui apa yang sebenarnya terjadi di balik semua peristiwa terkutuk malam itu.

Sahabat,

ilustrasi di atas adalah salah satu bentuk kejahatan yang bisa terjadi akibat obsesi berkedok cinta. Seorang pecinta yang sudah terobsesi dengan yang dia inginkan sudah tidak lagi bisa menggunakan akal sehatnya.

Cinta tentu tidak sama dengan obsesi walaupun obsesi bisa saja berkedok cinta. Apabila kesucian cinta sudah ternodai oleh obesesi, maka cinta itu tidak layak lagi disebut cinta.

Dalam Confusing Love with Obsession, John D. Moore, MS, CADC menjelaskan 4 tahap obsesi yang disebut Obsessive Love Wheel:

Tahap attraction atau ketertarikan:

Pada tahap awal ini, si pencinta merasakan ketertarikan yang sangat kuat pada orang yang dicintai. sang pencinta seakan tidak peduli pada adanya kemungkinan ketidakcocokan yang ada. Tahap ini sering kali disalah artikan sebagai "cinta pada pandangan pertama"

Tahap anxiety atau kecemasan:

Pada tahap ini, sang pencinta merasakan hidupnya hampa, ketakutan akan kehilangan orang yang dicintai mencekam tanpa ampun.

Tahap Obession atau obsesi:

Pada tahap ini, rasa kecemasan dan rasa takut ditinggalkan makin menjadi-jadi. Terkadang si pencinta yang sedang tergila-gila itu mondar mandir tanpa tujuan di dekat tempat kerja atau kuliah dari orang yang dia incar. Atau sekedar menikmati suasana tempat-tempat yang berkesan dan pernah dihadiri oleh orang yang dia incar.

Tahap Destruction atau kehancuran:

Pada tahap Destruction atau kehancuran, sang pencinta tidak lagi bisa mempergunakan akal sehatnya. Hawa nafsu bercampur gejolak emosi sudah mencapai puncak kegilaannya sehingga tidak lagi peduli pada apapun resiko yang dihadapi. Salah satu contoh kegilaan tersebut adalah kejahatan yang diceritakan pada awal tulisan ini. Bisa jadi, inilah yang oleh Erich Fromm sebagai unlived life yang dia sebut sebagai sumber dari segala kecenderungan untuk menghancurkan atau destructiveness.

"Destructiveness is the outcome of unlived life"

Cinta berkedok obsesi bisa membawa konsekwensi mengerikan. Mereka yang memiliki kekuatan, baik fisik ataupun finansial, bisa saja berbuat zalim terhadap orang lain, apalagi yang dia obsesikan. Namun, mereka yang lemah masih bisa berbuat zalim terhadap dirinya sendiri, dalam bentuk menyakiti diri ataupun bunuh diri. Kasus John Hinckley bisa menjadi salah satu contoh. John sangat terobsesi pada artis Jodie Foster sehingga dia sampai nekat berusaha membunuh Presiden Amerika Serikat waktu itu, Ronald Reagan.

Erich Fromm dalam the Art of Loving mengatakan bahwa cinta hakikatnya memberi dan memahami. Cinta yang benar akan menghasilkan kepedulian dan respon pada kebutuhan yang dicintai, dengan penuh rasa tanggung jawab dan penghormatan, disertai pengetahuan yang mendalam tentang yang dicintai itu. Cinta pada dasarnya adalah memberi bukan menerima, memahami bukan minta dipahami, berkorban bukan mengorbankan.

Sedangkan obsesi hakikatnya adalah keinginan untuk menguasai, bahkan cenderung pada sadisme. Erich Fromm mendefinisikan sadisme dengan "a passion to have an absolute and unrestricted control over a living being, an animal, a child, a woman or a man" (suatu hasrat untuk menguasai dan mengendalikan suatu makhluk hidup, seperti seekor binatang, seorang anak kecil, seorang wanita atau pria, secara absolut dan tanpa batas)" - dari The Anatomy of Human Destructiveness.

Cinta adalah warisan para Nabi dan orang-orang shaleh, sementara obsesi adalah warisan Iblis dan para tyrant atau diktator seperti Fir'aun, Namrudz, Hitler, Mussolini, Stalin dan sebagainya

Obsesi bisa saja berselubung cinta, namun hakikatnya bukan cinta. Bila seseorang mengaku cinta tetapi terus menerus mengejar orang yang dia "cintai" itu, maka itu bukan cinta tetapi obsesi.

Terkadang, kepada siapa seseorang bisa terobsesi sulit untuk diketahui. Akal dan logika seakan tak berdaya bagaikan ksatria yang patah pedangnya. Emosi dan hawa nafsu seakan berkoalasi menguasai ibu kota kerajaan tubuh bernama Hati/Qalbu. Dan Iblis serta anak buahnya pun tertawa terbahak-bahak, menanti pertemuan akbar dengan para pendosa di Neraka.

Ternyata, hikmah menundukkan pandangan bukan hanya agar manusia terhindar dari dosa. Lebih dari itu, menjaga pandangan dan membersihkan jiwa adalah cara-cara yang disyariatkan oleh Islam untuk menjaga ketentramaan dan ketertiban hidup manusia secara keseluruhan.

Firman Allah dalam surat An-Nur : 30

"Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : "Hendaklah mereka menahan pandangannya"

Sesungguhnya, kekasihmu ada dalam diri setiap orang dan engkau selalu bisa berbuat baik pada kekasihmu melalui diri setiap orang.

Kalau kukatakan, aku cinta padamu,” sumpah yang kunyatakan, “aku mencintai kemanusiaan yang ada padamu, semua kehidupan serta diriku yang ada dan hidup padamu.” (Erich Fromm)


Referensi :
The Anatomy of Human Destructiveness - Erich Fromm
The Art of Loving - Erich Fromm
Anatomi Cinta - Komunitas Bambu
Situs:
http://www.apocatastasis.net/OccultLibrary/Art-of-Loving-Erich-Fromm.html
http://www.enotalone.com/article/2499.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Obsessive_love
Copyright © Zie's for you
Oleh : http://perenungancinta.blogspot.com/2010/07/obsesi-berkedok-cinta.html


just write some good posts worth bookmarking - © My Smile Just For You...



Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...