Kamis, 12 Januari 2012

Emha Ainun Nadjib

Emha Ainun Nadjib (lahir di Jombang, Jawa Timur, 27 Mei 1953; umur 58 tahun) adalah seorang tokoh intelektual yang mengusung napas Islami di Indonesia. Ia merupakan anak keempat dari 15 bersaudara. Pendidikan formalnya hanya berakhir di Semester 1 Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelumnya dia pernah ‘diusir’ dari Pondok Modern Gontor Ponorogo karena melakukan ‘demo’ melawan pemerintah pada pertengahan tahun ketiga studinya, kemudian pindah ke Yogya dan tamat SMA Muhammadiyah I. Istrinya yang sekarang, Novia Kolopaking, dikenal sebagai seniman film, panggung, serta penyanyi.
Lima tahun hidup menggelandang di Malioboro, Yogyakarta antara 1970-1975 ketika belajar sastra kepada guru yang dikaguminya, Umbu Landu Paranggi, seorang sufi yang hidupnya misterius dan sangat memengaruhi perjalanan Emha.
Selain itu ia juga pernah mengikuti lokakarya teater di Filipina (1980), International Writing Program di Universitas Iowa, Amerika Serikat (1984), Festival Penyair Internasional di Rotterdam, Belanda (1984) dan Festival Horizonte III di Berlin Barat, Jerman (1985).



Kumpulan Puisi/sastra Emha Ainun Najib



just write some good posts worth bookmarking - © My Smile Just For You...



3 comments

Jumat, 03 Februari, 2012

Cak Nun dan Novia kolopaking.. udah lama ngga melihat mereka di televisi.. semoga syair2nya menjadi inspirasi umat :)

Senin, 25 Februari, 2013

Udah lama nggak mendengar suara Cak Nun melantunkan Puisi. Thanks sudah sharing.

Anonim
Senin, 15 April, 2013

Puiai-puiai Cak Nun bahasanya asik, mudah dipahami tapi bermakna dalam sekali.

Poskan Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...