Rabu, 18 Desember 2013

sepuluh motivasi menjadi Facebooker

SEMAKIN lama semakin banyak warga Indonesia yang bergabung ke jejaring sosial Facebook. Tentu, motivasinya bermacam-macam. Secara umum, ada sepuluh motivasi mereka menjadi Facebooker. Apa saja itu?

fb

Sepuluh motivasi menjadi Facebooker


facebook login
1. Cuma ingin tahu

Yaitu Facebooker yang ingin tahu saja seperti apa sih Facebook itu. Diapun membuat email, membuat akun FB, tetapi kemudian jarang membukanya. Juga jarang membuat status, komentar ataupun tanggapan, bahkan ada yang berbulan-bulan baru membuka akun FB-nya. Atau, termasuk sering membuka akun FB,
tetapi cuma ingin membaca status para Facebooker. Seringkali tidak dikomentari.

2. Mencari teman

Yaitu Facebooker yang memang punya motivasi untuk mencari teman sekolah atau mantan teman sekolah, teman kuliah atau mantan teman kuliah, teman sekantor atau mantan teman sekantor, teman sekota atau
mantan teman sekota, teman seorganisasi atau mantan teman seorganisasi, teman baik, dan teman-teman lainnya.

3. Mencari pacar

Sekitar 60% Facebooker adalah kalangan remaja. Entah berapa persen, di antaranya pasti ada yang punya motivasi mencari pacar. Tidak hanya kalangan pelajar, tetapi juga kalangan mahasiswa. Dalam realita, memang banyak Facebooker yang menemukan pacar di FB. Namun, tak jarang juga pacaran mereka berakhir dengan mengecewakan.

4. Mencari jodoh

Yaitu Facebooker yang ingin mencari jodoh. Tentu, kata-kata rayuannya tidak ditulis di status, melainkan di inbox Si Target. Bahkan tak jarang mereka memanfaatkan fasilitas chatting dan seterusnya. Memang, dalam realita, ada juga yang menemukan jodoh di FB ini.

5. Mencari selingkuhan

Yaitu Facebooker yang iseng. Menjadi Facebooker hanya untuk mencari teman selingkuhan. Biasanya menggunakan foto profil palsu, biodata palsu, nama palsu dan
seterusnya. Kabarnya, ada juga yang berhasil menemukan pasangan selingkuhan. Tapi, pasti jumlahnya tidak banyak.

6. Curhat

Yaitu Facebooker yang memanfaatkan FB untuk sarana curhat. Biasanya ditulis di inbox milik Facebooker yang dipandang mampu memahami masalahnya. Misalnya curhat tentang masalah pribadi, masalah belajar, masalah kantor, masalah pernikahan, masalah psikologi, masalah bisnis dan masalah-masalah lainnya. Cara ini tidak buruk, bahkan merupakan langkah yang bijaksana.

7. Promosi

Yaitu Facebooker yang bertujuan memanfaatkan FB untuk memppromosikan bisnisnya. Namun harus hati-hati, terlalu sering memasang iklan di FB, bisa-bisa diremove atau dibloker Facebooker lain. Boleh saja memasang iklan, tetapi sebaiknya seminggu sekali saja.

8. Sharing

Yaitu Facebooker yang suka berbagi. Antara lain berbagi pengetahuan, ilmu pengetahuan, informasi, berita, dakwah agama, kata-kata mutiara, kata-kata bijak, artikel motivasi,
berbagi gambar/ foto/ video, guyonan, kritik pencerahan dan status-status atau artikel-artikel lain yang bermanfaat bagi Facebooker lain.

9. Kriminal

Yaitu Facebooker yang punya motivasi buruk atau dari komunitas yang kurang baik. Misalnya, adanya Facebooker yang bermaksud memperdaya Facebooker wanita, adanya kaum homoseks atau gay atau lesbian atau PSK yang menawarkan diri lewat inbox-inbox para Facebooker. Namun, mereka yang punya motivasi seperti ini sangat sedikit jumlahnya.

10. Lain-lain

Yaitu Facebooker yang punya motivasi lain. Misalnya, rajin membuka FB hanya untuk mencari informasi penting. Misalnya rencana reuni sekolah/kampusnya, undangan makan siang bersama, menyebarkan undangan ulang tahun, menyampaikan berita duka, mengabarkan kepindahan rumahnya dan motivasi-motivasi lainnya yang jumlahnya tidak begitu banyak.


demikian fakta kebanyakan orang menggunakan facebook
Hariyanto Imadha
Pengamat Perilaku
Sejak 1973


just write some good posts worth bookmarking - © My Smile Just For You...



Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...