Sabtu, 07 September 2013

Adab Mukmin Dihadapan allah


akhlak

Sebagai seorang mukmin hendaknya kita memejamkan mata dan memusatkan segala perasaan tertuju7 kepada allah, tepatnya khusyu'. Cepat dan segera dalam menjalankan perintahnya serta meninggalkan larangan2nya. tidak banyak protes dan komentar.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ ۖ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ
Hai orang-orang beriman, penuhilah seruan Allâh dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allâh membatasi antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan [Al-Anfâl/8:24]
Dan di antara adab / akhalak mukmin yang terpuji terhadap sesama sebuah bentuk ketulusan adab mukmin dihadapan allah juga. Sebagaimana yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya tentang Berakhlak Sesuai Al-Qur’an.
Baik budi pekertinya, bersikap tulus dan selalu ikhlas dalam menjalankan kehidupan, menjauhi memandang yang dapat menyebabkan kekaguman.
cegahlah diri berharap pada makhluk, Sebagaimana yang disabdakan Rosulullah Saw. :
Dan apabila Berharap Atau meminta maka berharap dan mintalah Kepada Allah.
    Haruslah Selalu ikhlas dalam beramal, benar dalam perkataan, mensucikan perbuatan, dan tidak beramal kecuali yang baik dan diridhoi oleh Allah Swt.
   Harus senantiasa menghidupkan pendekatan kepadanya dengan sedekah, sholat dan sahum. kita harus dapat menyembunyikan keuntungan dan marah ketika melihat perbuatan haram dilakukan.
   Haruslah merasa takut akan azab Allah. Hendaknya kita malu untuk segara mengurangi dosa. Kita harus menggunakan takut sebagai dasar pengamalan dan yakin akan jaminannya. Tawakal dalam memilih kebaikan. Gelisah hati karna takut tertinggal kewajiban. Bertaubat dengan terus menerus dan takut jika sampai berlarut-larut.


Demikian lah diantara bentuk akhlak yang menunjukan bahwa sang hamba beradab kepada tuhan Allah 'azza wajalla yang dapat menunjang perubahan dalam hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Walahu A'lamu Bisshoab
semoga bermanfa'at


reff : Adab Dalam Agama (al ghajali)
oleh : Senyumku Dakwahku - Berislam gaya gembira, Beramal Ilmiah Berilmu Amaliah.


Baca juga artikel akhlak yang semoga bermanfa'at lainnya disini


just write some good posts worth bookmarking - © My Smile Just For You...



1 comment

Rabu, 18 September, 2013

Postingan2nya sangat bermanfaat buat saya, ijinkan saya untuk menyimak yg lainnya dan mohon ijin untuk share ke teman2

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...